Kemaren datang Seorang Supir  ke Dieler dia mengeluhkan kendaraannya yang stirnya terasa berat sekali padahal kendaraan tersebut sudah menggunakan PS alias Power Stearing. Memang ini tidak wajar karna kalo sudah menggunakan Sistem Power Stearing sistem kerja stir kemudi akan terasa lebih ringan berbeda dengan mobil-mobil jaman dulu yang belum dilengkapi sistem power Stearing,,alias masih manual,,,!!

Pertama-tama kamipun meminta keterangan kepada supir sejak kapan terjadinya hal tersebut ??
Jawab : kejadian mulai terjadi 3 hari yang lalu pada saat kendaraan jalan tiba-tiba stir terasa berat dan sayapun tidak menghiraukan karna pada saat perjalanan jauh dan posisi tengah malam jadi saya paksa saja sampai ke rumah.

Setelah mencari informasi dari Sangsupir langsung saja kami melakukan perbaikan sesuai Prosedur alias SOP.
Saat pertama kita periksa Oli Power Stearing Habis jadi analisa awal kami coba saja untuk menambah Oli PS dan melakukan Pembuangan udara di dalam sistem PS ternyata itu tidak mebuahkan hasil stir masih terasa berat. Langsung saja kita menuju ke analisa berikutnya yaitu memeriksa sistem pompanya apakah pompa bekerja dengan normal atau tidak.

"Karna berdasarkan Info yang kita dapat tadi dari sangsupir saat terjadi setir terasa berat mobil masih di paksa untuk jalan jadi kemungkinan sim di dalam Pompa bekerja tampa ada pelumasan sedangkan putaran pompa power stearing berputar terus menerus seiring putaran mesin karna pompa ini diputar oleh Idle Gear sehingga Shim shim di dalam pompa yang harusnya berputar dengan adanya pelumasan dia berputar kering dan akibatnya hanya besi dengan besi yang bergesekan tampa ada lapisan Oil Film  untuk melapisinya atau melumasinya.

Setelah pompa PS di lepas dan dilakukan pengukuran ternyata benar dari hasil pengukuran sangatlah jauh dengan Spesifikasi atau nilai Standaar.

"Langsung saja kita mengganti pompa PS dan melakukaan Bleading udara di dalam Sistem PS dengan cara :

  •  posisikan kendaraan di tempat yang rata.
  •  roda depan di dongkrak.
  •  pasang jack Stand sebagai pengaman 
  •  masukan Oli PS di reservoar tank
  • putar putar stir sampai tidak ada gelembung di dalam reservoar tank.
  • star Engine dan lakukan putar-putar stir kembali jika sudah benar-benar tida ada gelembung-gelembung sama sekali di dalam reservoar tank berarti pembledingan sudah selesai.
  • Kasih turun jack stand + dongkrak.
Dan Stirpun terasa ringan kembali seperti semula.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat temen-temen semua yang mengalami masalah sama seperti customer saya.

Catatan: 

Untuk mencegah terjadi hal seperti di atas atau yang lainya alangkah baiknya anda memeriksa kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan entah itu kualitas Oli, filter Udara, Sistem rem, lampu-lampu, tekanan Ban, Dll. agar perjalanan anda aman dan mengantisipasi terjadi hal yang tidak di inginkan pada saat di perjalanan.

Related Post :
ViralGen Referral Shopping Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com